honda civic type r

Cara Mudah Merawat Mobil, Gampang semua pasti bisa

Bahkan jika Anda adalah orang yang tidak mengerti mesin mobil dan hanya terima beres saat servis mobil, Anda tetap perlu mengetahui cara sederhana untuk merawat mobil. Bahkan jika Anda malas, Anda pasti bisa dengan mudah melakukan cara ini.

Lima cara merawat mobil yang akan kita bahas tidak serumit mengganti oli mobil. Namun, beberapa langkah mengharuskan Anda membuka kap mesin mobil.

Tips Perawatan Mobil

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat mobil Anda. Apapun jenis mobilnya, entah itu dengan transmisi manual, ataupun automatic, atau bahkan mobil sport, lakukan hal-hal berikut agar mobil Anda lebih awet dan tetap dalam kinerja yang optimal.

Mengganti ban dan periksa tekanan udaranya

roda dan velg

Fungsi ban bagi sebuah mobil sangatlah penting dan dapat menentukan keselamatan dalam berkendara. Oleh karena itu, wajib bagi Anda pemilik mobil untuk memahami cara mengganti ban mobil.

Jika untuk melepas ban bahkan Anda saja tidak bisa, bagaimana jika ban mobil Anda tiba-tiba meledak di tengah jalan? Saatnya meminta seseorang untuk memasangkan ban cadangan.

Saat melepas ban, Anda juga perlu memahami cara menggunakan dongkrak mobil. Buat kamu yang tidak bisa atau belum pernah menggunakan dongkrak, tidak apa-apa, masih ada waktu untuk belajar dongkrak mobil.

Periksa tekanan udara
Selain belajar bagaimana cara melepas ban, Anda juga perlu memahami tekanan ban bagi mobil yang ideal. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban dengan standar mobil Anda di buku manual mobil Anda.

Setelah itu, coba tendang-tendang ban mobil Anda dengan kaki Anda untuk mengecek apakah tekanan udaranya sudah ideal. Jika suara yang dihasilkan keras dan pantulannya kuat, bisa dikatakan tekanan ban Anda terlalu tinggi. Tapi jika sebaliknya, maka ban Anda kurang tekanan udara (kempes).

BACA JUGA :  Perkembangan Sepeda Motor Yamaha

Jadi jangan lupakan untuk selalu mengecek tekanan bannya. Terutama jika Anda ingin bepergian, touring, atau rekreasi bersama keluarga Anda.

Memeriksa oli mesin mobil

oli mobil

Penggantian oli mesin rutin dilakukan saat mobil Anda telah menempuh jarak 5.000 km. Namun terkadang ada kalanya pergantian oli tertunda karena jadwal yang padat.

Sebagai pemilik mobil, Anda harus bisa memeriksa oli mesin mobil sendiri. Sebenarnya memeriksa oli sangat mudah, Anda hanya perlu menyalakan mesin mobil saja. Jika pengukur indikator oli di dashboard mati, maka oli  mobil Anda masih dalam kondisi baik.

Jika ingin lebih akurat dalam mengecek oli, maka kamu harus melakukan hal berikut ini:

  • Matikan mesin mobil dan tunggu selama kurang lebih 5-10 menit
  • Buka kap mesin mobil dan tarik stik olinya
  • Bersihkan ujung stik olinya dengan lap
  • Masukan lagi stik olinya ke dalam tempat oli dan tarik lagi
  • Lihat dibagian stik olinya, kamu bisa membaca kadar olimu lewat stik oli ini, rendah, normal, atau kebanyakan.
  • Bila oli di stik berada di bagian L atau 1, maka kondisi olimu berkurang atau low. Di posisi dua artinya normal, dan jika di atas angka 3 atau F maka tandanya oli mobil Anda kepenuhan.

Perawatan aki mobil

aki mobil

Ada dua tipe jenis aki pada mobil yaitu aki  basah dan jenis bebas perawatan juga dikenal sebagai aki kering. Fungsi aki pada mobil sangatlah penting, yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Perawatan untuk kedua jenis tipe aki ini tidak sama. Berikut adalah rincian lebih lanjut.

Tipe aki basah
Banyak mekanik mengatakan bahwa aki basah dapat bertahan lebih lama, tetapi perawatannya akan membutuhkan sedikit usaha. Anda perlu menambah cairan elektrolit jika jumlahnya berkurang, secara teratur.

BACA JUGA :  Sejarah Mobil Sport

Tipe aki kering
Ini tidak harus diisi dengan cairan elektrolit, tetapi biasanya aki jenis ini memiliki masa pakai maksimum hanya satu tahun. Intinya, jangan biarkan mobil Anda tidak dipanaskan selama berhari-hari. Lakukan pemanasan secara teratur. Dan ketika suara starter berkurang, bawa ke bengkel untuk diperiksa.

Rutinlah mencuci mobil

cuci mobil

Mencuci mobil adalah hal wajib sebagai salah satu perawatan mobil yang perlu Anda lakukan. Jika bodi sering basah, mobil mudah terkena jamur yang akan merusak catnya.

Jika Anda tidak sering mencucinya, Anda dapat dengan mudah menodai mobil Anda. Noda ini juga dapat menyebabkan beberapa komponen pada mobil berkarat.

Gunakan sabun khusus mobil untuk mencuci mobil dan produk perawatan mobil lainnya untuk mempercantik tampilan kendaraan kesayangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.