ducati panigale

Cara Mudah Merawat Motor agar tetap nyaman digunakan

Saat memiliki motor baru yang sudah lama diidam-idamkan, tentu merasa sangat senang, ingin sekali segera mengendarainya dan menguji performanya. Tidak hanya sekedar memakai, motor juga membutuhkan perawatan agar lebih awet dan selalu dalam keadaan kinerja yang optimal dari motor tersebut.

Tips perawatan motor

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat sepeda motor Anda. Apapun jenis motornya, entah itu bebek, matic, atau bahkan sport, lakukan hal-hal berikut agar motor Anda lebih awet dan tetap dalam kinerja yang optimal.

Panaskan motor sebelum digunakan

memanaska motor

Panaskan motor Anda sebelum digunakan, biasanya di pagi hari setelah mesin motor mati semalaman. Jangan memanaskan motor lebih dari 5 menit, karena memanaskan motor lebih dari 5 menit hanya akan membuang bahan bakar Anda.

Dalam waktu 5 menit ini, mesin motor sudah cukup hangat dan memungkinkan suhu naik secara alami selama penggunaan. Hal sederhana ini akan membantu sepeda motor Anda lebih awet dan tahn lama.

Hindari membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas dari motor Anda

Perlu Anda ketahui bahwa beban maksimal pada sepeda motor ada diantara 120-130 kg. Beban berat dapat meningkatkan tekanan pada ban, dan mengakibatkan performa mesin berkurang karena dipaksa bekerja di luar batas maksimalnya. Jika Anda benar-benar terpaksa membawa beban yang melebihi kapasitas maksimal, sebaiknya Anda tidak menggunakannya secara berlebihan, karena tidak hanya membebani kerja ban dan mesin, tetapi juga kerja dari shock breaker pada motor Anda.

BACA JUGA :  Jual Mobil Anda Secara Online: Langkah 4, Menulis Deskripsi Menarik tentang Mobil Anda

Gunakan bahan bakar yang beroktan tinggi

pom bensin shell

Motor baru khususnya motor Honda telah dikembangkan dengan teknologi sistem injeksi dan teknologi hemat bahan bakar. Agar sistem ini bekerja dengan baik, Anda harus menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan di atas 90. Bahan bakar beroktan tinggi memastikan pembakaran sempurna di mesin dan tidak meninggalkan endapan pada injektor, sehingga mesin bertahan lebih lama.

Gunakan layanan servis gratis

service motor

Ketika Anda membeli sepeda motor baru, Anda biasanya mendapatkan layanan gratis empat kali lipat. Tanggal layanan telah ditetapkan untuk layanan gratis ini. Selama periode layanan gratis ini, Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Selain tidak terabaikan, Anda juga perlu waspada. Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan sepeda motor Anda, segera laporkan ke bengkel.

Sering-seringlah membersihkan motor

Membersihkan motor bisa dilakukan dengan mencuci atau mengelapnya. Membersihkan sepeda motor ini berguna tidak hanya untuk menjaga penampilan sepeda motor agar enak dipandang, tetapi juga untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel pada mesin atau kampas rem.

Biasakan menggunakan sabun untuk motor saat mencuci sepeda motor Anda untuk hasil yang terbaik. Juga, semprotkan air dengan kuat ke tempat berdebu untuk menghindari goresan saat digosok. Untuk rodanya bisa menggunakan sikat yang lembut dan kecil seperti sikat gigi untuk membersihkannya sehingga bisa menjangkau area celah-celah kecil.

Saat musim hujan, cucilah sepeda motor segera setelah hujan karena air hujan bersifat asam dan dapat menyebabkan karat pada motor, yang dengan cepat membuat bagian-bagian besi keropos. Setelah dicuci, segera keringkan mesin agar tidak meninggalkan bekas putih pada bodi mesin, dan lanjutkan dengan wax agar body motor lebih mengkilat.

BACA JUGA :  Sirkuit Grand Prix Balap Formula Satu

Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung sering membuat kaca speedometer retak dan membuat cat bodi mesin menjadi kusam dan pudar. Saat parkir, usahakan mencari tempat yang teduh atau gunakan masking varnish untuk melindungi sepeda motor dari sinar UV langsung.

Itulah 6 cara mudah merawat motor  yang bisa Anda lakukan di rumah. Perawatan yang rutin membuat mesin lebih awet, tidak mudah rusak, dan performa tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.