cuci motor biar bersih

Inilah 6 Langkah Mudah Mencuci Motor Sendiri dirumah yang Benar, Bisa Menghemat Uang Bulanan!!

Setiap para pengendara tahu bahwa saat Anda berkendara di jalan raya, sepeda motor Anda akan jadi kotor oleh debu, tanah, lumpur dan lain-lain, sehingga sangat penting untuk Anda mencuci sepeda motor secara teratur agar sepeda motor tetap terlihat bersih dan bagus.

Mengetahui cara mencuci sepeda motor sendiri dengan benar akan dapat menghemat waktu dan uang bulanan Anda dalam jangka panjang. Berikut ini 6 langkah mudah mencuci sepeda motor agar bersih dan mengkilap.

Bilas motor Anda dalam keadaan dingin

bilas motor sampe bersih

Sebelum Anda akan memulai mencuci motor, pastikan bahwa mesin motor Anda dalam keadaan dingin. Perubahan suhu secara tiba-tiba dapat menyebabkan mesin motor menjadi retak dan membahayakan motor Anda. Disarankan untuk mencuci sepeda motor di tempat yang teduh yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung karena sinar matahari dapat menyebabkan perubahan suhu yang dapat merusak cat body motor dan air pun jadi cepat kering yang mengakibatkan kerak di body motor dan juga dapat mempersulit pembilasan sepeda motor.

Bilas motor dengan air terlebih dahulu sebelum Anda menggosoknya dengan sabun. Langkah ini dapat merontokan kotoran pada motor agar lebih mudah ketika dibersihkan.

Gosok dengan menggunakan spons dan sabun pencuci motor

gosok dan sabuni motor

Tuangkan sabun pencuci motor ke dalam ember dan campur dengan air lalu aduk sampai berbusa dan gunakan spons untuk membersihkan motor gunakan spons yang lembut agar tidak mengakibatkan baret di body motor. Jangan pernah gunakan produk pembersih yang tidak dirancang khusus untuk sepeda motor Anda.

BACA JUGA :  Sejarah Mobil Hybrid: Sebuah Evolusi untuk Masa Depan

Pembersih rumah tangga mungkin saja mengandung detergen atau pelarut kimia yang dapat merusak logam, cat, atau bahan plastik yang terdapat di sepeda motor Anda. Saat mencuci sepeda motor, Anda harus selalu memulai mencuci motor dari bagian atas lalu turun ke bagian bawah motor. Jika mencuci bagian bawah motor terlebih dahulu maka spons dan sabur akan kotor karena tercampur dengan kotoran dari mesin motor.

Bersihkan area yang sulit dijangkau spons dengan menggunakan sikat kecil

sikat motor

Ketika Anda menggosok motor dengan spons, terkadang sangat sulit untuk menghilangkan kotoran di area-area sulit pada motor. maka gunakanlah kuas kecil (kuas cat atau sikat gigi) untuk membersihkan kotoran di area yang sempit, area-area yang perlu digosok secara berulang kali, atau dibagian komponen mesin yang sensitif. Gunakan kuas kaku (sikat baju) untuk membersihkan kotoran pada ban dan roda motor Anda.

Bilas menggunakan air bersih dan keringkan

bilas motor hingga bersih

Bilas motor Anda mulai dari bagian atas motor lalu kebagian bawah motor hingga bersih, jangan sapai ada sisa sabun yang tersisa. Setelah motor bersih dari sabun, gunakan kanebo untuk mengeringkan seluruh body motor.

Kain kanebo menyerap air yang masih menempel pada body motor. Mulailah dengan bagian atas motor seperti dashboard, tangki, dan jok, lalu turun ke roda, mesin, dan knalpot.

Poles motor dengan menggunakan wax

Banyak sekali manfaat dari penggunaan wax pada motor seperti:

  • ¬†membuat body motor lebih mengkilap
  • melindungi dari pancaran sinar matahari yang berlebihan
  • mencegah terjadinya goresan pada motor

Lumasi kembali rantai motor setelah di cuci

Semua prosedur cara mencuci motor telah selesai, tetapi ada satu bagian motor yang harus Anda perhatikan, yakni rantai motor. Pastikan kembali untuk melumasi rantai motor sebelum motor digunakan.

BACA JUGA :  Sepeda Motor Honda

Semakin sering motor digunakan, maka semakin sering pula motor menjadi kotor. Mengetahui langkah-langkah mencuci motor yang baik akan membuat motor awet untuk beberapa tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.