ssgantioli

Dijamin Berhasil. Ganti Oli Motor Juga Bisa Dilakukan Dirumah Ga Perlu Ke Bengkel

Ganti oli yang dilakukan secara rutin sebenarnya bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengunjungi bengkel. Mekanisme dan langkahnya pun tidak sulit, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit saja saat peralatan sudah siap.

Hal ini tentunya akan lebih menghemat biaya dan tentunya dapat juga mengurangi aktivitas kita di luar rumah, sebagaimana yang dihimbauan Pemerintah untuk pelaksanaan PPKM darurat.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Kamu lakukan untuk mengganti oli mesin di rumah, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Screenshot_2022-03-24-11-40-11-23

1. Persiapkan alat

Hal yang pertama tentunya anda membutuhkan alat yang digunakan untuk mengganti oli mesin anda. Alat-alat tersebut dapat berupa corong oli, wadah oli bekas, kunci kotak, tang, dan oli baru yang akan digunakan.

Tentu saja, kunci kontak terdiri dalam berbagai ukuran sesuai dengan spesifikasi sepeda motor Anda. Gunakan kunci pas kotak 12 dan 17 untuk mesin spesifikasi motor matic. Untuk motor besar 150cc hanya menggunakan kunci ring ukuran 19.

2. Ganti oli harus dalam keadaan mesin hangat

Pastikan Anda untuk mengganti mesin saat mesin masih dalam keadaan hangat. Nyalakan mesin selama sekitar 5 menit lalu matikan. Catatan penting adalah jangan mengganti oli saat mesin dalam keadaan panas. Hal ini dinilai dapat merugikan Anda karena mesin akan menjadi panas dan akan sulit untuk membuka sumbat oli. Jika kesulitan tetap dipaksakan, yang terjadi akan licin dan rusak.

BACA JUGA :  Sejarah Mobil Hybrid: Sebuah Evolusi untuk Masa Depan

Mengganti oli mesin dalam keadaan panas tentu berbahaya bagi Anda. Karena suhu oli yang keluar saat panas akan membakar kulit kita jika langsung terkena tangan. Saat mesin panas, juga butuh waktu lama agar semua cairan oli turun dan keluar sepenuhnya.

Juga, mengganti oli saat mesin dingin juga tidak baik. Karena saat mesin dingin, sifat oli mengental, sehingga sulit keluar saat ganti oli dan dikhawatirkan residu masih menempel di dinding mesin. Lebih baik mengganti oli saat mesin panas.

Screenshot_2022-03-24-11-42-16-19

3. Lepas penutup oli motor dan siapkan penampung untuk menampung oli bekas

Setelah memanaskan mesin hingga hangat, posisikan mesin pada standar tengah dan tiriskan oli dengan membuka tutup baut oli di bagian bawah mesin.

Pada matic menggunakan kunci pas ring 12 atau 17 untuk membuka ulir oli, pada varian besar 150cc menggunakan kunci pas ring 19 untuk membuka skrup tangki oli.

Setelah itu, buka baut oli dengan cara mendorong sekrup ke kanan untuk melepas oli lama dan menggantinya dengan yang baru

Kemudian tiriskan oli hingga tuntas dan buka tutup pengisi oli yang ada di bagian atas mesin dan biarkan beberapa saat hingga oli terkuras.

Juga ingat untuk tidak menyemprotkan kompresor udara ke dalam lubang karena kompresor mengandung air yang berbahaya bagi mesin Anda. Setelah memastikan oli benar-benar terkuras, bersihkan sisa kotoran oli yang menempel.

Selanjutnya, pasang kembali sekrup tangki oli sesuai arah tarikan, pastikan sekrup sudah kencang.

4. Isi mesin dengan oli baru

Selanjutnya buka oli baru yang masih ada di paking. Langkah selanjutnya adalah menuangkan oli ke dalam lubang pengisi minyak dengan corong untuk mencegah oli tumpah dan terbuang. Gunakan oli mesin berkapasitas 800 ml untuk motor matic dan 1 liter untuk motor besar 150cc.

BACA JUGA :  3 Mobil Amerika

5. Panaskan motor dengan menyela kick stater agar oli dapat melumasi mesin motor

Langkah terakhir tutup kembali lubang pengisi oli dan lakukan dengan kick stater terlebih dahulu agar oli dapat melumasi mesin motor lalu nyalakan motor dan memanaskannya selama kurang lebih 5 menit. Hal ini berguna untuk mensirkulasikan oli mesin untuk melumasi mesin secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.